Saturday 15 November 2014

PENGERTIAN, SKOPE, DAN FUNGSI ADMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN


1.    Pengertian Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan adalah rencana, pengorganisasian, kurikulum, pengawasan, pengarahan, yang menyangkut bidang pendidikan khususnya diselenggarakan disekolah-sekolah. Administrasi pendidikan atau administrasi sekolah sama saja, namun administrasi pendidikan mencakup administrasi sekolah. keduanya saling berkaitan karena sama-sama memiliki satu tujuan yaitu, memperbaiki bidang pendidikan namun ada juga perbedaannya dimana, administrasi pendidikan memiliki makna yang luas, fungsi administrasi yaitu mencanangkan managemen pendidikan agar sesuai dengan rencana yang ingin dicapai, selain itu dapat meneliti masalah-masalah atau pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan, mengumpulkan data dan informasi-informasi yang diperlukan.

2.    Skope Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan dapat meliputi :
1.) Tata Usaha, 2.) Guru , 3.) Siswa, 4.) Kurikulum, 5.) Sarana dan Prasana, 6.) Humas, 7.) Supervisi Pengajaran

3.    Fungsi Administrasi Pendidikan
Fungsi-fungsi pokok administrasi pendidikan dapat disimpulkan sebagai berikut : A)   Perencanaan yaitu Dimana suatu kegiatan yang harus dilakukan harus sesuai tujuan yang diinginkan, dan itupun harus dilakukan pada permulaan dan selama kegiatan administrasi itu berlangsung. B)   Pengorganisasian Ialah tugas utama bagi para kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus memiliki kecakapan, keterampilan, dan tanggung jawab. C)   Pengoordinasian Ialah untuk mengatasi batas-batas perencanan maupun batas-batas personel. D)   Komunikasi Yaitu dimana suatu program atau rencana dilaksanakan dengan aktivitas menyebarkan dan menyampaikan gagasan-gagasan keseluruh sturktur organisasi. E)   Supervisi Yaitu pengawasan, dimana pendidikan memerlukan pengawasan yang bertanggung jawab tentang kefektifan program itu. F)    Kepegawaian, Kepegawaian ini sangat penting, karena aktivitas kepegawaian ialah menentukan, memilih, menempatkan, dan membimbing personel. G)   Pembiayaan Dimana semua perencenaan membutuhkan pembiayaan demi kelancaran berjalanya suatu organisasi. H)   Penilaian Sebuah penilaian menjadi sangat penting sebagai aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

0 komentar: