1.
Pengertian
Administrasi Pendidikan
Administrasi
pendidikan adalah rencana, pengorganisasian, kurikulum, pengawasan, pengarahan,
yang menyangkut bidang pendidikan khususnya diselenggarakan disekolah-sekolah.
Administrasi pendidikan atau administrasi sekolah sama saja, namun administrasi
pendidikan mencakup administrasi sekolah. keduanya saling berkaitan karena
sama-sama memiliki satu tujuan yaitu, memperbaiki bidang pendidikan namun ada
juga perbedaannya dimana, administrasi pendidikan memiliki makna yang luas,
fungsi administrasi yaitu mencanangkan managemen pendidikan agar sesuai dengan
rencana yang ingin dicapai, selain itu dapat meneliti masalah-masalah atau
pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan, mengumpulkan data dan
informasi-informasi yang diperlukan.
2.
Skope
Administrasi Pendidikan
Administrasi pendidikan dapat meliputi :
1.)
Tata Usaha, 2.) Guru , 3.) Siswa, 4.) Kurikulum, 5.) Sarana dan Prasana, 6.)
Humas, 7.) Supervisi Pengajaran
3.
Fungsi
Administrasi Pendidikan
Fungsi-fungsi pokok
administrasi pendidikan dapat disimpulkan sebagai berikut : A) Perencanaan yaitu Dimana suatu kegiatan yang
harus dilakukan harus sesuai tujuan yang diinginkan, dan itupun harus dilakukan
pada permulaan dan selama kegiatan administrasi itu berlangsung. B) Pengorganisasian Ialah tugas utama bagi para
kepala sekolah, dimana kepala sekolah harus memiliki kecakapan, keterampilan,
dan tanggung jawab. C) Pengoordinasian Ialah
untuk mengatasi batas-batas perencanan maupun batas-batas personel. D) Komunikasi Yaitu dimana suatu program atau
rencana dilaksanakan dengan aktivitas menyebarkan dan menyampaikan
gagasan-gagasan keseluruh sturktur organisasi. E) Supervisi Yaitu pengawasan, dimana
pendidikan memerlukan pengawasan yang bertanggung jawab tentang kefektifan
program itu. F) Kepegawaian, Kepegawaian
ini sangat penting, karena aktivitas kepegawaian ialah menentukan, memilih,
menempatkan, dan membimbing personel. G)
Pembiayaan Dimana semua perencenaan membutuhkan pembiayaan demi
kelancaran berjalanya suatu organisasi. H)
Penilaian Sebuah penilaian menjadi sangat penting sebagai aktivitas
untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan di dalam
proses keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai dengan rencana yang telah
ditetapkan.
0 komentar:
Post a Comment