Monday 22 February 2016

EVALUASI MENULIS DI SD


Sabarti Akhadiah, dkk (1991: 149-152), menjelaskan evaluasi pembelajaran menulis pada jenjang pendidikan SD mencakup evaluasi menulis permulaan dan menulis lanjut.



16
 Evaluasi menulis permulaan bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan siswa dalam menuliskan lambang-lambang bunyi dalam suatu kalimat sesuai dengan ejaan (huruf besar pada awal kalimat, tanda titik, tanda seru, tanda tanya pada akhir kalimat, dan sebagainya). Evaluasi menulis lanjut bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa untuk berkomunikasi secara tertulis.
Menurut Sabarti Akhadiah (1991: 150), ruang lingkup evaluasi pembelajaran menulis permulaan di SD meliputi:
1.      Penguasaan lambang bunyi
    Dikte merupakan cara yang paling efektif untuk mengetahui penguasaan
    siswa tentang lambang bunyi.
2.      Penguasaan ejaan dan tanda baca
Guru bisa menggunakan teknik dikte, pilihan ganda, atau perbaikan ejaan yang salah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penguasaan ejaan dan tanda baca.
3.       Kemampuan memilih kata
Tes dalam hal ini sebenarnya merupakan semacam tes kosa kata yang lebih menekankan pada kemampuan siswa dalam menggunakan kata secara tepat dalam kalimat.

0 komentar: