Sabarti Akhadiah, dkk (1991: 149-152), menjelaskan evaluasi pembelajaran
menulis pada jenjang pendidikan SD mencakup evaluasi menulis permulaan dan
menulis lanjut.
16
Evaluasi menulis permulaan bertujuan untuk
memperoleh informasi tentang kemampuan siswa dalam menuliskan lambang-lambang
bunyi dalam suatu kalimat sesuai dengan ejaan (huruf besar pada awal kalimat,
tanda titik, tanda seru, tanda tanya pada akhir kalimat, dan sebagainya).
Evaluasi menulis lanjut bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan
siswa dalam menggunakan bahasa untuk berkomunikasi secara tertulis.
Menurut Sabarti Akhadiah (1991: 150), ruang lingkup evaluasi pembelajaran
menulis permulaan di SD meliputi:
1.
Penguasaan lambang bunyi
Dikte merupakan cara yang paling efektif untuk mengetahui penguasaan
siswa tentang lambang bunyi.
2.
Penguasaan ejaan dan tanda baca
Guru bisa menggunakan teknik dikte, pilihan ganda, atau perbaikan ejaan yang
salah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penguasaan ejaan dan tanda baca.
3.
Kemampuan
memilih kata
Tes dalam hal ini sebenarnya merupakan semacam tes kosa kata yang lebih
menekankan pada kemampuan siswa dalam menggunakan kata secara tepat dalam kalimat.
0 komentar:
Post a Comment